Pemograman 1 Pertemuan 1

Nama : Ahmad Zakaria
Kelas : S1/TI/3/A/P
NPM : 43A87006160117








SEJARAH JAVA
•Java adalah salah satu bahasa pemrograman computer yang berorientasi object diciptakan oleh salah satu perusahaan Sun microsystem, perusahaan workstation UNIX  .

•JAVA diciptakan berdasarkan bahasa C++ dengan tujuan platform independent dapat dijalankan pada berbagai jenis hardware tanpa kompilasi ulang. 
•Java adalah salah satu bahasa pemrograman computer yang berorientasi object diciptakan oleh salah satu perusahaan Sun microsystem, perusahaan workstation UNIX  .
•JAVA diciptakan berdasarkan bahasa C++ dengan tujuan platform independent dapat dijalankan pada berbagai jenis hardware tanpa kompilasi ulang. 
James Gosling mencari nama bahasa baru suatu ketika mampir disebuah café untuk minum kopi dan minta Java timbulah idenya memakai nama Java.
Java kemudian dipakai untuk sebuah browser yang bernama WebRunner setelah berhasil browser kemudian dinamakan HotJava dengan symbol secangkir kopi panas.
•Pada tahun 1995 bahasa Java dan HotJAva diumumkan diweb. Versi alpha ditayangkan awal tahun 1995.
Pada tahun 1995 musim panas diimplementasikan pada windows 95 dan linux.
Tanggal 23 Januari 1996, Java 1.0 resmi diumuMkan dan disediakan di web untuk Netscape 2.0, salah sau browser terkenal, mengadopsi JAVA dan JAVASCRIPT. 
Berbagai teknologi diperkenalkan seperti J2EE (Java 2 Enterprise Edition), J2SE (Java 2 Standart Edition), JavaBean, Java Server Page (JSP) dan JME (Java Micro Edition).
Bahkan JAVA memicu bahasa2 yang berorientasi jaringan seperti Phyton, ASP, XML,C# dll.

PERBEDAAN PEMOGRAMAN PROSEDURAL 
DAN 
PEMOGRAMAN BERORIENTASI OBJEK

A. PEMOGRAMAN PROSEDURAL (process-oriented model)
- Semua data dan kode di gabungkan menjadi satu program
- masalah akan muncul jika program di kembangkan ke arah yang lebih besar, maka akan membutuhkan ratusan bahkan ribuan baris kode 

B. Pemrograman Berorientasi Object (object-oriented model)
- kelebihan dari pemograman ini ialah apabila menggunakan metode ini maka komponen-kompenen penyusun program akan di pecah atau di bagi menjadi bagian-bagian tersendiri yang di sebut object.

1. Perbedaan Antara Pemograman Prosedural Dan Pemograman Berorientasi Objek
prosedural-OOP
dilihat dari pengertian di atas, pemrograman terstruktur memilki beberapa sifat – sifat seperti :
  1. Memuat teknik pemecahan masalah yang logis dan sistematis
  2. Memuat algoritma yang efisien, efektif dan sederhana
  3. Program disusun dengan logika yang mudah dipahami
  4. Tidak menggunakan perintah GO-TO
  5. Biaya pengujian program relatif rendah
  6. Memiliki dokumentasi yang baik
  7.  Biaya perawatan dan dokumentasi yang dibutuhkan relatif rendah
kesimpulan yang bisa saya ambil dari materi ini adalah anda akan merasakan kelebihan dan kekurangan dari gaya prosedural dan OOP ketika anda mengimplementasikannya dalam sebuah project aplikasi anda. Mana yang lebih mudah ataupun yang lebih cepat dalam melakukan proses implementasi. Karena kelebihan dan kekurangan yang saya berikan diatas belum tentu sama dengan yang anda alami.

Komentar

Postingan Populer